Rabu, 05 Agustus 2020

 

MATERI GERAK PART 1


KINEMATIKA                                                                       

Kinematika adalah ilmu yang menggambarkan gerak benda menggunakan kata-kata, diagram, angka, grafik, dan persamaan. Kita akan mempelajari istilah-istilah seperti skalar, vektor, jarak, perpindahan, kecepatan, kecepatan dan percepatan. Kata-kata ini digunakan dengan keteraturan untuk menggambarkan gerakan benda.

 

BESARAN VEKTOR dan SKALAR

Gerak benda bisa digambarkan dengan kata-kata. Kata-kata dan frasa seperti melaju cepat, berhenti, melambat, mempercepat, dan berputar memberikan kosa kata yang cukup untuk menggambarkan gerakan benda. Sedangkan Kuantitasnya bisa berupa vektor atau skalar. Dua kategori ini dapat dibedakan satu sama lain dengan definisi yang berbeda:

Skalar adalah jumlah yang dijelaskan oleh besarnya (atau nilai angka) saja.

Vektor adalah jumlah yang dijelaskan oleh besarnya dan arah.

Kuantitas

Besaran

Alasan

5 m

Skalar

Hanya besar saja, Tidak memiliki arah

2 m/s ke arah timur

Vektor

Ada besar dan arah

30 derajat celcius

Skalar

Hanya besar saja, Tidak memiliki arah

20 MB

Skalar

Hanya besar saja, Tidak memiliki arah

5 m belok kanan

Vektor

Ada besar dan arah

7 kg

Skalar

Hanya besar saja, Tidak memiliki arah

 

JARAK dan PERPINDAHAN

 Jarak dan perpindahan adalah dua kuantitas yang tampaknya memiliki makna yang sama namun memiliki definisi dan makna yang berbeda.

 Jarak adalah kuantitas skalar yang mengacu pada seberapa jauh lintasan yang ditempuh selama gerakannya.

Perpindahan adalah kuantitas vektor yang mengacu pada perubahan posisi objek secara keseluruhan (hanya melhat tititk awal dan akhir saja)

Untuk menguji pemahaman Anda tentang perbedaan ini, pertimbangkan gerakan yang digambarkan dalam diagram di bawah ini. Seorang guru fisika berjalan 4 meter ke Timur, 2 meter ke Selatan, 4 meter ke Barat, dan akhirnya 2 meter ke Utara.

                                              

Jarak total guru fisika ini sejauh 12 meter, tetapi perpindahannya 0 meter. Selama dia bergerak, dia telah "menempuh lintasan 12 meter " (jarak = 12 m). Namun ketika dia selesai berjalan, dia tidak "keluar dari tempatnya"  yaitu, tidak ada perpindahan untuk gerakannya (perpindahan = 0 m).

 

KELAJUAN DAN KECEPATAN

Sebagaimana jarak dan perpindahan memiliki arti yang sangat berbeda (terlepas dari kesamaannya), begitu pula kelajuan dan kecepatan. kelajuan adalah besaran skalar yang mengacu pada "seberapa cepat suatu benda bergerak". kelajuan dapat dianggap sebagai tingkat di mana suatu objek menempuh jarak.

kecepatan adalah kuantitas vektor. Bayangkan seseorang bergerak cepat - satu langkah maju dan satu langkah mundur - selalu kembali ke posisi awal semula. Meskipun hal ini mungkin mengakibatkan lelah, ini akan menghasilkan kecepatan nol. Karena orang itu selalu kembali ke posisi semula, gerakan itu tidak akan pernah menghasilkan perubahan posisi. Karena kecepatan didefinisikan sebagai laju perubahan posisi, gerakan ini menghasilkan kecepatan nol.

                                              

Sekarang mari kita pertimbangkan lagi gerakan guru fisika itu. Guru fisika berjalan 4 meter ke Timur, 2 meter ke Selatan, 4 meter ke Barat, dan akhirnya 2 meter ke Utara. Seluruh gerakan berlangsung selama 24 detik. Tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata.

Guru fisika berjalan jarak 12 meter dalam 24 detik; dengan demikian, kelajuan rata-ratanya 12 dibagi 24 yakni  0,50 m / s.

Namun, karena perpindahannya 0 meter, maka 0 di bagi 24 sehingga kecepatan rata-ratanya adalah 0 m / s.

 

PERCEPATAN

Percepatan adalah besaran vektor yang didefinisikan sebagai laju di mana suatu benda mengubah kecepatannya. Sebuah benda mengalami percepatan jika kecepatannya berubah.

karena percepatan adalah besaran vektor, ia memiliki arah yang terkait dengannya Arah vektor percepatan bergantung pada dua hal:

 1. Apakah benda tersebut sedang mempercepat atau melambat

 2. Apakah benda tersebut bergerak ke arah + atau –

Jika suatu benda melambat, maka percepatannya berlawanan dengan arah gerakannya.

Prinsip umum ini dapat diterapkan untuk menentukan apakah tanda percepatan suatu benda adalah positif atau negatif, kanan atau kiri, atas atau bawah, dll.

                        


 Dalam Contoh A, benda bergerak ke arah positif (yaitu, memiliki kecepatan positif) dan semakin cepat.

Dalam Contoh D, benda bergerak ke arah negatif (yaitu, memiliki kecepatan negatif) dan semakin cepat.

Materi ini diambil dan dikembangkan dari sumber :

https://www.physicsclassroom.com/Physics-Tutorial/1-D-Kinematics



57 komentar:

  1. Nama;ahmad jajuli
    Kelas;x tp 1

    BalasHapus
  2. Nama:Riyan fauzi
    Kelas :X TP1

    BalasHapus
  3. Nama:Andi Rijal Saputra
    Kelas:X MM 1

    BalasHapus
  4. Nama:Mulki Aris M
    Kelas:X TP1

    BalasHapus
  5. Nama: Revaldo Gustami
    Kelas:X TP1

    BalasHapus
  6. Nama:firman sampul
    Klas:X MM 3

    BalasHapus
  7. Nama:Windy Febrianti Nuraeni
    Kelas:X Mm 3

    BalasHapus
  8. Nama:acep alridwan
    kelas:X TP 1

    BalasHapus
  9. Nama:firman saepul
    Klas:X MM 3

    BalasHapus
  10. Nama: Muhamad Gunawan Salem
    Kelas: X TKR 4

    BalasHapus
  11. Nama: Baehaqi Mu'in
    Kelas: XTKR1

    BalasHapus
  12. Nama:M.Riskandi
    Kelas: X TKR 1

    BalasHapus
  13. Nama:Muhammad Yusup Taziri
    Kelas:X TKR 1

    BalasHapus
  14. Muhamad ikbar andri adiansyah
    kls:x mm3

    BalasHapus
  15. Muhammad Rangga Megyar
    Kelas : X TKR1

    BalasHapus
  16. Nama : Afriandi
    Kelas : X tp 1

    BalasHapus
  17. Nama:Sahrul Ihzan
    Kelas: X TKR 2

    BalasHapus
  18. Nama : Dimas Kholby Ramadhan
    Kelas : X TKR 2

    BalasHapus
  19. Nama : Fauzan Adima
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  20. NAMA:Rapliansyah
    KELAS: X TP 1

    BalasHapus
  21. Filah Maulana Sidik
    Kelas : X MM2

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum,,
    Muhammad Rafa Rizqulloh
    X Multimedia1

    BalasHapus
  23. NAMA:Angga Surya Pamungkas
    Kelas:XTKRO 2

    BalasHapus
  24. Nama: Hamudy Syahrul Hadi
    Kelas:X TP 1

    BalasHapus
  25. Nama : Adji Muhammad Rifaldi
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  26. Nama:M ilham ramdani
    Kelas:X Tkro 4

    BalasHapus
  27. Nama :M ilham ramdani
    Kelas:X TKRO 4

    BalasHapus
  28. Nama;Asep Muhamad Husen
    Kelas:X TP 1

    BalasHapus
  29. Nama:Aldi firmansyah
    Kelas:X TP 1

    BalasHapus
  30. Nama : AAL MOH ARDIANSYAH
    Kelas :X TP 1

    BalasHapus
  31. Nama : Salwa Alfauziah
    Kelas : X Mm 2

    BalasHapus
  32. Nama:fajar nurpalaj
    Kelas:x tp 1

    BalasHapus
  33. Nama : ilyas muslihat
    Kelas :X TKR 1

    BalasHapus
  34. Nama:muhamad randi
    Kelas:IX tp 2

    BalasHapus
  35. Nama:Ridwan Nurjaman
    Kelas: X TP 2

    BalasHapus
  36. Nama:Ridwan Nurjaman
    Kelas: X TP 2

    BalasHapus
  37. Nama: Andri Maulana fajar
    X TKR 3

    BalasHapus
  38. Nama : afriandi
    Kelas : x tp 1

    BalasHapus
  39. Yusup muharam
    X tp1

    BalasHapus
  40. Nama:ilham satria
    Kelas:x tkro 3

    BalasHapus

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.2 PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA   Oleh : Nining Yuningsih   Pengertian dan Im...